Tuesday, June 14, 2016

Shipfu Poi~

Top 5 Shipfu by Intion

Top 5 KanColle's Shipfus


Shipfu

Yo, selama beberapa minggu ini kepala gua dipenuhi dengan bisikan-bisikan ghaib dari mendiang Hitler. Dia bilang, "Treten der Kriegsmarine und Sie können Bismarck heiraten." yang artinya "Gabunglah di Kriegsmarine, dan kamu kuizinkan untuk menikahi Bismarck.". Jadi selama berminggu-minggu ini isi kepala gua cuma Bismarck. Bismarck, Bismarck, Bismarck, Prinz Eugen, Bismarck, dll.

Anyway, shipfu yang ditampilkan di sini cuma shipfu yang ada di anime nya aja, soalnya gua masih belum sempet bisa main KanColle karena servernya penuh. Nanti kalo udah bisa baru kita buat yang versi game-nya.

Cara penilaiannya, sebenarnya ini nggak ada urutan tertentu, cuma list Top 5 aja, tapi kriteria yang kita ambil di sini yaitu berdasarkan penampilan fisik. Kalo penampilan fisiknya mainstream, nggak cocok untuk Intion yang anti-mainstream. Kedua yaitu keunikan cara bicaranya. Contoh, Inazuma selalu pake 'Nano-desu' itu termasuk unik. Ketiga yaitu kehebatan kapal (beneran) di zaman perang dulu waktu masih mengabdi pada IJN (Imperial Japan Navy). Oke let's check it out :

1. Destroyer SHIMAKAZE

Shipfu
Langsung nge-gas di awal, Destroyer Shimakaze. Shimakaze ini karakter KanColle kedua yang gua kenal, (yang pertama itu Nagato, tapi dia nggak masuk di list). Sudah jelas, dari seragamnya Shimakaze beda sendiri, itu salah satunya karena Shimakaze itu satu-satunya kapal dalam Shimakaze-class destroyer. Dia nggak punya kakak, nggak punya adek, kapal tunggal. Oh ya, satu-satunya kapal yang punya minion waktu bertarung di laut juga kayaknya cuma Shimakaze, minion-minion yang bantu dia berperang. Nama Shimakaze artinya Shima (pulau) dan Kaze (angin) jadi pulau berangin.







2. Destroyer YUUDACHI

ShipfuAlasan paling jelas gua masukin Yuudachi di list ini adalah karena 'Poi~' nya di setiap kalimat. Entah apa maksudnya, gua pernah baca artikel soal itu tapi malah bingung sendiri karena itu maknanya jatuh ke masalah bahasa. Anyway, penampilan fisik Yuudachi juga nggak mainstream seperti yang lain, apalagi setelah di remodel. Apa yang hebat lagi dari Yuudachi yaitu sejarahnya dia ikut pertempuran Tarakan dan Laut Jawa. Artinya Yuudachi pernah ke Indonesia, poi~. Yuudachi adalah kapal ke 4, dari Shiratsuyu-class destroyer. Nama Yuudachi artinya malam badai (jangan tanya).








3. Battleship YAMATO

ShipfuIni dia favorit gua, Battleship Yamato. Yamato-class battleship adalah battleship terberat sepanjang sejarah PD 2. Sayang sekali adeknya (Musashi) nggak bisa ikutan main di anime-nya. Tapi sebenarnya mengecewakan juga penampilan Yamato di KanColle anime. Meskipun disebut-sebut sebagai 'Strongest Battleship in history' tapi screen time-nya nggak banyak. Okelah karena dia konsumsi banyak bahan bakar dan keberadaan Yamato juga dirahasiakan, tapi karena itu jadi potensi maksimal Yamato nggak keluar, dua-duanya, di anime maupun di sejarah nyata nya. Yamato-class battleship itu adalah satu-satunya battleship yang bisa mengangkut meriam berukuran 46 cm, dan itu lebih besar daripada meriamnya Nagato (41 cm) yang merupakan anggota Big Seven. Nama Yamato diambil dari Pronvsi Yamato. Sepanjang masa beroperasinya, Yamato disembunyikan keberadaannya dari USN (US Navy) supaya nggak ada yang bikin kapal lebih kuat daripada Yamato, bahkan sampe akhir PD 2 pun US masih dapat informasi yang salah tentang Yamato.

4. Battleship KONGOU

Shipfu
Yaay, hahahahaha. Gua nggak tau kenapa kalo denger nama Kongou itu bawaannya seneng, pengen ketawa. Mungkin karena ulah Kongou bersaudara yang lucu di sepanjang anime-nya. Lahir di Inggris sebagai battlecruiser, kemudian dibeli IJN dan dimodifikasi jadi battleship dan dibuatkan adek-adeknya, Hiei, Haruna dan Kirishima. Itulah alasan bahasa Jepang-nya Kongou yang acak-acakan. Dari awal Kongou buka mulut, gua udah bisa tebak seiyuu-nya pasti sama dengan waifu gua yang baru, Karen Kujo, karena bahasa Jepang-nya sama ancurnya. Tapi walaupun begitu enak didengar. Kongou berperan banyak dalam berbagai pertempuran-pertempuran besar di sejarah angkatan laut Jepang, makannya dia karakter yang gampang terkenal. Nama Kongou diambil dari Gunung Kongou, artinya (tidak dapat dihancurkan).




5. Heavy Cruiser ATAGO

ShipfuHehe, nggak menduga kan? Yup, sejak pertama lihat gua langsung jatuh cinta sama Atago, apalagi setelah liat anime-nya. Sayang nggak banyak waktu munculnya, cuma karakter sampingan sih. Oh ya, seiyuu-nya Atago (Touyama Nao) ini sama dengan Kongou, dan juga Chitoge Kirisaki dari Nisekoi. Gua ini anggota dari persatuan resmi #TeamChitoge, jadi tentu saja Atago masuk. Atago adalah kapal kedua dari Takao-class heavy cruiser, artinya dia adeknya Takao. Hal yang gua suka dari Atago yaitu (nggak ada hubungannya dengan kapal yang beneran) oppainya, wajahnya yang imut walaupun tingginya jauh di atas gua, rambut pirangnya. Atago nggak banyak bertempur dalam pertempuran-pertempuran besar, dia ditenggelamkan kapal selam USN di sekitar pinoy. Nama Atago diambil dari Gunung Atago. Soal penampilan fisik sebenarnya adeknya Atago, Maya dan Chokai berpenampilan lebih anti-ainstream, tapi sayang mereka nggak masuk di anime-nya. Kalo kakaknya, Takao itu kurang menarik, ya sih cantik, tapi rada mainstream.


Oke jadi itu adalah Top5 Shipfus dari Intion, gimana? Bagus nggak? Mungkin ada beberapa fakta yang salah gua sebutkan? Tolong diperbaiki di komen. Terus, gua mau ngasih alasan kenapa main character, Special Type Destroyer Fubuki dan Battleship Dreadnought Nagato nggak masuk di list ini. Simpel sih, alsannya karena Fubuki itu terlalu mainstream sebagai karakter utama. Cheerful, semangat, penuh harapan, pekerja keras, pokoknya terlalu mencerminkan karakter utama banget karena perkembangan karakternya paling jauh. Kemudian kalo Nagato, itu karena gua iri, Nagato bisa masuk Big Seven dengan meriam 41 cm tapi Yamato nggak masuk Big Seven dengan 46 cm (beda kelas), udah gitu meskipun mereka sendiri yang menyebutkan kalo Yamato itu battleship paling kuat sepanjang sejarah, tapi yang dapat spotlight ya Nagato, jadi ya... iri.

Images from myanimelist.net

No comments:

Post a Comment